Mantan Rektor Unsyiah Prof Abdi A Wahab Pimpin Majelis Pendidikan Aceh

0

Mantan Rektor Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) periode 2002-2006 itu terpilih secara aklamasi dalam rangkaian Musyawarah Besar (Mubes) MPA yang berlangsung pada 24-25 Juni 2019 di Hotel Kyriad Muraya Banda Aceh.

Dikutip dari Serambinews.com, Prof Abdi A Wahab bersyukur seraya berusaha melaksanakan amanah tersebut sebaik-baiknya.

“Saya bersama para guru besar, akademisi, dan tokoh-tokoh pendidikan Aceh sedang menyusun pengurus. Tentu kami ingin memperbaiki kelemahan-kelemahan penyelenggaraan pendidikan di Aceh selama ini,” ujarnya.

Dirinya bertekad untuk menyusun roadmap pendidikan Aceh untuk 5 sampai 10 tahun ke depan. “Sehingga kita bisa mengevaluasi sudah sejauh mana kita berada dan memperbaiki kelemahan-kelemahan saat ini. Karena tantangan ke depan jauh lebih berat,” katanya lagi.

Menurutnya, perkembangan teknologi yang begitu pesat telah menyebabkan perubahan yang signifikan di dalam berbagai aspek kehidupan.

“Dengan kemajuan teknologi saat ini, cara kita mendidik dan cara anak belajar sudah jauh berubah. Sehingga guru dituntut untuk lebih kreatif dan membuat suasana belajar jadi lebih menarik,” ucapnya.

Sementara Plt Gubernur Aceh yang diwakili Asisten I Setda Aceh, M Jafar, saat membuka kegiatan tersebut, Senin (24/6) malam, menyampaikan bahwa paradigma pendidikan kita sering menekankan kepada penilaian dari aspek kuantitatif,seperti jumlah lulusan dari institusi pendidikan.

“Sedangkan dari aspek kualitatif, seperti interaksi antara tingginya nilai prestasi akademis dengan tingginya nilai moral, pembentukan jiwa yang tangguh, dan berdaya saing, masih belum menjadi fokus perhatian kita,” ujarnya.

Maka dari itu, pemerintah Aceh menekankan kepada instansi terkait bidang pendidikan untuk menghadirkan sistem pendidikan di Aceh yang bersandarkan kepada nilai-nilai keislaman.

Leave A Reply