Mahasiswa Unsyiah Ciptakan Aplikasi Education Offline ‘Skula’

0

Tiga orang mahasiswa Unsyiah yang tergabung dalam kegiatan Progam Kreatifitas Mahasiswa-Karsa Cipta (PKM-KC) berhasil menciptakan aplikasi pembelajaran yang didesain secara offline yaitu Skula. Ketiga mahasiswa itu adalah Adelia Safitri (Informatika), Fifyn Srimulya Ningrum (Psikologi), dan Mariza Agustia (Informatika). Mereka menciptakan Skula sebagai aplikasi pembelajaran bagi anak-anak yang berada di Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA), Banda Aceh.

“Aplikasi Skula ini bertujuan untuk meningkatkan rasa optimis belajar anak LPKA agar mereka memiliki bekal setelah keluar dari tempat pembinaan,” ujar Adelia yang merupakan Ketua Kelompok.

Nama aplikasi ini berasal dari bahasa Aceh yaitu “sikula” yang berarti sekolah. Skula merupakan aplikasi yang dapat membantu koreksional untuk merancang materi sendiri, seperti materi pelajaran berbentuk teks, gambar, dan video. Selain itu, anak-anak didik akan menggunakan tablet dengan jaringan offline untuk mengakses materi. Dalam pengerjaan aplikasi ini, tim didampingi oleh dosen Informatika, Rahmad Dawood, S.Kom, M.Sc,.

Adelia menambahkan, mereka juga telah melakukan beberapa kali kunjungan ke Lembaga Pembinaan Khusus Anak Banda Aceh. Mereka juga mengadakan kegiatan untuk mengaplikasikan Skula. Kegiatan ini disambut hangat oleh Pimpinan LPKA, Ridha Ansari, A.md. IP,SH, M.Si. Adelia juga berharap aplikasi ini dapat juga diterapkan di lembaga pembinaan lainnya. (Humas Unsyiah/fer)

Leave A Reply