Rektor Safari Ramadan di Tiga Fakultas Kesehatan

0

Rektor Universitas Syiah Kuala Prof. Dr. Ir. Samsul Rizal, M.Eng melanjutkan kegiatan Safari Ramadannya  di tiga fakultas kesehatan yaitu Fakultas Kedokteran, Fakultas Kedokteran Gigi dan Fakultas Keperawatan. Pertemuan yang menghadirkan civitas dari tiga fakultas tersebut dilaksanakan di Aula Fakultas Kedokteran Unsyiah. (Selasa, 22/5).

Rektor mengatakan, bahwa Unsyiah telah menjalani statusnya sebagai Badan Layanan Umum (BLU) selama satu tahun. Hal ini mungkin menjadi pertanyaan bagi sebagian civitas akademika Unsyiah. Mengapa dengan status baru tersebut pegawai Unsyiah belum juga mendapatkan remunerasi? Atas hal ini, Rektor menjawab bahwa Unsyiah belum bisa memberikan hak tersebut karena hingga saat ini belum keluar Surat Keputusan dari Menteri Keuangan.

Namun Rektor menjanjikan, jika Surat Keputusan tersebut sudah keluar maka Unsyiah akan segera memberikan remunerasi kepada semua pegawainya termasuk pegawai kontrak.

Pada kesempatan tersebut, Rektor juga meminta para dosen di ketiga fakultas ini untuk lebih semangat lagi dalam mempublikasikan jurnal berindeks Scopus. Karena hal ini merupakan salah satu perjanjian yang dintandatangani Unsyiah dengan statusnya sebagai BLU.

“Ada 18 perjanjian yang kita sepakati dan salah satunyanya adalah terkait publikasi ilmiah bereputasi internasional,” ucap Rektor.

Dekan Fakultas Kedokteran Unsyiah Prof. Dr. dr. Maimun Syukri, Sp.PD-KGH mengatakan, saat ini FK Unsyiah telah menunjukkan banyak perkembangan. Fakultas ini juga telah menjalankan prodi S3-nya. Di sisi lain, Maimun sangat mengapresiasi para pegawai di FK Unsyiah yang tempo hari tidak lulus PNS, namun tetap setia bekerja di FK. Menurutnya, hal ini patut menjadi perhatian dari pihak Universitas jika ada pengangkatan lagi ke depan.

“Mereka sudah menunjukkan loyalitasnya pada fakultas ini, maka kita harapkan hal ini menjadi perhatian Universitas terhadap masa depan mereka nantinya,” ucap Maimun.

Dekan Keperawatan Unsyiah Dr. Hajjul Kamil, S.Kp, M.Kep. mengungkapkan, saat ini proses pembangunan gedung administrasi dan kuliah Fakultas keperawatan sudah pada tahap pembangunan.

Proses pembangunan ini ditargetkan akan selesai dan siap digunakan pada Oktober – Desember tahun ini. Hajjul berharap, setelah selesainya gedung baru tersebut maka kegiatan perkuliahan dan pengadminstrasian di Fakultas Keperawatan bisa lebih lagi. Selain itu, Fakultas ini juga berencana akan membuka beberapa program studi baru.

Sementara itu Dekan Fakultas Kedokteran Gigi Unsyiah Dr. drg. Cut Soraya, M.Pd., Sp.KG menyebutkan, FKG Unsyiah saat ini juga membutuhkan gedung baru untuk kegiatan perkuliahan. Cut Soraya berharap, hal ini dapat segera terealisasikan demi kelancaran proses belajar mengajar di fakultas ini.

Di sisi lain, Cut Soraya mengungkapkan, saat ini Rumah Sakit Gigi dan Mulut (RSGM) Unsyiah sedang pada proses akreditasi. Namun hal ini terkendala pada status prizinan tanah yang saat ini RSGM berdiri. Untuk itulah, ia meminta bantuan dari pimpinan Universitas untuk mengadvokasi masalah tersebut.

“Karena hal ini menjadi bagian penilaian dari akreditasi RSGM. Jika masalah ini bisa selesai, maka RSGM bisa memberikan pelayanan yang lebih baik lagi setelah terakreditasi,” ucapnya.

Leave A Reply