Fkep Gelar Pelatihan Kecelakaan Bagi Santri Dayah

0

Dinas Pendidikan Dayah Aceh bekerja sama dengan Fakultas Keperawatan Universitas Syiah Kuala kembali melaksanakan kegiatan Pelatihan Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan (P3K) atau Santri Dayah First Aider (SADAR). Kegiatan ini berlangsung di Dayah Nidhamul Fata, Banda Aceh pada, Selasa (23/04).

Ir Rasmalina MT, Ketua Panitia, mengatakan kegiatan ini penting dilaksanakan sebagai upaya penanganan langsung bagi santri dayah yang mengalami musibah secara tiba-tiba.

“Para santri diberikan pemahaman tentang pentingnya P3K, sehingga mereka dapat mengetahui kecelakaan apa saja yang boleh dilakukan tindakan dengan P3K,” ujar Rasmalina.

Pimpinan Dayah Nidhamul Fata, Tgk. H Zumirta Fastawa, sangat berterima kasih kepada Dinas Pendidikan Dayah Aceh dan Fakultas Keperawatan Unsyiah karena telah menggelar kegiatan positif ini. Ia berharap kegiatan ini juga dapat dilakukan di seluruh dayah di Provinsi Aceh.

“Kegiatan ini sangat membantu jika ada kecelakaan-kecelakan yang memerlukan pertolongan pertama,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Dayah Aceh, Usamah El-Madny, S.Ag. M.M. mengatakan pelatihan Santri Dayah Firts Aider ini bertujuan memberikan bimbingan agar santri mengerti dan memahami tindakan awal saat kecelakaan.

“Banda Aceh merupakan wilayah yang termasuk dalam cincin api. Bencana dapat terjadi kapan saja, untuk itu sangat penting keterampilan ini bagi santri dayah.”

Acara ini diikuti 30 santri Dayah Nidhamul Fata. Selain itu, juga didampingi 6 instruktur dari Fakultas Keperawatan Unsyiah yang dipimpin Ners. Noraliyatun Jannah M.Kep. (Humas Unsyiah/fer)

Leave A Reply