Unsyiah Jalin Kerja Sama dengan Kobe University

0

Universitas Syiah Kuala menjalin kerja sama dengan kampus asal Jepang yaitu Kobe University dalam bidang pengembangan pendidikan di kedua universitas tersebut. Kesepakatan ini ditandatangani oleh Rektor Unsyiah Prof. Dr. Ir. Samsul Rizal, M.Eng dengan Dekan Fakultas Teknik Kobe University Prof. Dr. Tomiyama Akio di Ruang Mini Rektor Unsyiah. (Jumat, 29/3).

Rektor Unsyiah mengatakan, Unsyiah sangat menyambut baik kesepakatan kerja sama ini. Selama ini hubungan antara Unsyiah dengan kampus-kampus di Jepang juga terjalin dengan baik. Bahkan saat ini banyak dosen Unsyiah yang merupakan lulusan dari kampus-kampus di Jepang.

Selain itu, Aceh dan Jepang juga memiliki memori yang sama terkait isu kebencanaan. Untuk itulah Rektor berharap, melalui perjanjin kerja sama ini peneliti Unsyiah dan Kobe University bisa saling bertukar informasi terkait mitigasi bencana.

Prof. Tomiyama mengatakan, pihaknya mengucapkan terima kasih atas sambutan hangat dari Unsyiah. Adapun kesepakatan kerja sama ini secara spesifik adalah terkait Double Degree Program in Master Disaster Science, penelitian bersama, summer school program, pertukaran mahasiswa dan dosen. Peluang-peluang kerja sama tersebut diharapkan mampu memberikan kontribusi yang signifikan dalam upaya pengembangan mutu pendidikan pada kedua Universitas ini.

Perjanjian kerja sama ini disaksikan oleh Wakil Rektor I Unsyiah Prof. Dr. Marwan, Wakil Rektor IV Unsyia Dr. Hizir serta turut dihadiri Dekan Fakultas Teknik Unsyiah Dr. Ir. Taufiq S, M.Eng. Direktur Pasca Sarjana Unsyiah Prof. Dr. Ir. Darusman, M.Sc.  Ketua TDMRC Unsyiah Dr. Khairul Munadi, ST, M.Eng. Ketua UPT Kantor Urusan Internasional (KUI) Dr. Muzailin, S.Si, M.Sc. Hadir pula beberapa peneliti Unsyiah.

Sementara dari Delegasi Kobe University turut hadir Prof. Sataru Oishi dan Sushi Tatsuya Moto yang keduanya dari Graduate School of Engineering Science.

Leave A Reply