Jumlah Pendaftar UTBK Unsyiah Terus Bertambah

0

Jumlah pendaftar Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) di Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) terus bertambah setiap harinya. Hal ini disampaikan oleh Kepala Humas Unsyiah, Chairil Munawir, Jumat (8/3). Hingga hari kedelapan pendaftaran, jumlah pendaftar tercatat sebanyak 1.810 orang. Jumlah ini terdiri dari kelompok ujian dan jenis peserta. Untuk kelompok ujian Saintek sebanyak 1.202 orang, sedangkan Soshum sebanyak 608 orang. Sementara berdasarkan jenis peserta, sebanyak 1.456 merupakan peserta regular dan 354 peserta Bidikmisi.

“Jumlah sementara ini merupakan peserta di gelombang pertama dan ini akan terus bertambah, hingga hari penutupan pendaftaran nanti,” ujar Chairil.

Ia menjelaskan pendaftaran UTBK dibagi dalam dua gelombang. Pendaftaran gelombang pertama telah dimulai sejak 1-24 Maret 2019 dan gelombang kedua pada 25 Maret hingga 1 April 2019.  UTBK adalah ujian masuk perguruan tinggi yang dilakukan secara elektronik menggunakan perangkat komputer. Ujian ini wajib diikuti setiap calon mahasiswa peserta SBMPTN dan nilai UTBK menjadi syarat utama.

“Keunggulan UTBK, siswa dapat mengikuti tes satu kali dan maksimal dua kali tes. Jadi bagi peserta yang merasa nilainya masih rendah, dapat mengikuti tes UTBK di gelombang kedua dan nilai yang diambil adalah nilai tertinggi,” ujar Chairil.

Ia mengajak para calon peserta untuk segera mendaftarkan diri melalui laman https://pendaftaran-utbk.sbmptn.ac.id. Pendaftaran menggunakan NISN dan NPSN untuk mendapatkan username dan password. Biaya pendaftaran untuk sekali tes sebesar Rp. 200 ribu yang dapat dibayar melalui Bank Mandiri, BNI, atau di Bank BTN.

“Kita imbau seluruh calon peserta untuk segera mendaftar. Jangan menunda-nunda waktu lagi,” ujarnya.

Dijadwalkan, tes ujian UTBK akan berlangsung dalam dua gelombang. Bagi peserta yang mendaftar pada gelombang pertama hanya dapat mengikuti tes pada rentang waktu tanggal 13 April-4 Mei 2019. Sementara peserta yang mendaftar di gelombang kedua, tes dilakukan pada rentang waktu tanggal 11 Mei-26 Mei 2019.

“Yang mendaftar UTBK di gelombang pertama hanya dapat ikut ujian di gelombang pertama, begitu juga peserta yang mendaftar di gelombang kedua. Untuk itu, kita harapkan peserta mengingat jadwalnya masing-masing sesuai yang dipilih saat mendaftar,” tegasnya.

Hasil UTBK akan diumumkan paling lambat sepuluh hari setelah pelaksanaan tes. Chairil menambahkan, bagi peserta yang mengalami permasalahan selama pendaftaran UTBK agar dapat melapor ke laman resmihttps://halo.ltmpt.ac.id dan call centre 0804-1-450-450. (Humas Unsyiah/fer)

Leave A Reply