Pendaftaran UTBK Telah Dimulai

0

Proses Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2019 sudah dimulai. Proses ini diawali dengan mendaftar Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) yang dibagi dalam dua gelombang. Pendaftaran gelombang pertama sejak 1-24 Maret 2019 dan gelombang kedua sejak 25 Maret hingga 1 April 2019.

Kepala Humas Universitas Syiah Kuala, Chairil Munawir, mengatakan untuk tahun ini penerimaan mahasiswa baru melalui jalur SBMPTN dilakukan dalam dua tahap, yaitu mengikuti UTBK dan mendaftar SBMPTN. UTBK adalah ujian masuk perguruan tinggi yang dilakukan secara elektronik menggunakan perangkat komputer. Ujian ini wajib diikuti setiap calon mahasiswa peserta SBMPTN dan nilai UTBK menjadi syarat utama.

“Keunggulan UTBK, siswa dapat mengikuti tes satu kali dan maksimal dua kali tes. Jadi bagi peserta yang merasa nilainya masih rendah, dapat mengikuti tes UTBK di gelombang kedua dan nilai yang diambil adalah nilai tertinggi,” ujar Chairil.

Pelaksanaan UTBK dilakukan Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT), yang tercatat sebagai satu-satunya lembaga penyelenggara tes perguruan tinggi terstandar di Indonesia. UTBK dapat diikuti siswa lulusan tahun 2017, 2018, dan 2019 dari pendidikan menengah (SMA/MA/SMK) dan sederajat. Selain itu, juga dapat diikuti siswa lulusan Paket C tahun 2017, 2018, dan 2019.

Untuk itu, Chairil mengajak para siswa untuk segera mendaftar UTBK melalui laman https://pendaftaran-utbk.sbmptn.ac.id. Pendaftaran menggunakan NISN dan NPSN untuk mendapatkan username dan password. Biaya pendaftaran untuk sekali tes sebesar Rp. 200 ribu yang dapat dibayar melalui Bank Mandiri, BNI, atau di Bank BTN. Chairil juga menghimbau para siswa untuk tidak menunda-nunda waktu pendaftaran, hal ini dilakukan untuk mengantisipasi membludaknya pendaftaran.

“Kita imbau siswa tidak mendaftar di menit-menit terakhir, karena ditakutkan traffic websitenya menjadi tinggi, sehingga sulit ketika login,” imbaunya.

Dijadwalkan, tes ujian UTBK akan berlangsung dalam dua gelombang. Bagi peserta yang mendaftar pada gelombang pertama akan mengikuti tes pada tanggal 13 April-4 Mei 2019. Sementara peserta yang mendaftar pada gelombang kedua, tes dilakukan pada tanggal 11 Mei-26 Mei 2019. Hasil UTBK akan diumumkan paling lambat sepuluh hari setelah pelaksanaan tes. Di Aceh, tes UTBK akan berlangsung di Unsyiah, ISBI Aceh, Unimal, UTU, dan Unsam.

Chairil mengajak calon mahasiswa untuk selalu memantau informasi terkait UTBK dan SBMPTN melalui website www.ltmpt.ac.id.

“Kami berharap calon mahasiswa dapat selalu memantau website agar segala informasi dapat diketahui secara lengkap dan jelas,” pungkasnya. (Humas Unsyiah/ferhat)

Leave A Reply