Haji Uma Ajak Mahasiswa Unsyiah Bangun Usaha

0

Anggota Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia (DPD RI) asal Aceh, Sudirman atau kerap disapa Haji Uma mengisi seminar entrepreneur di Aula FKIP Unsyiah, Selasa (26/2). Dalam seminar tersebut, Haji Uma mengajak para mahasiswa untuk mempersiapkan diri serta bersemangat dalam berwirausaha.

Menurutnya, ada beberapa hal yang harus diperhatikan untuk membangkitkan dunia usaha. Pertama, membangun sumber daya manusia (SDM) agar memiliki kapasitas serta kemampuan membangun usaha. Selain itu, juga harus mampu menggali potensi yang dimiliki daerah agar menjadi peluang usaha.

Terakhir Haji Umar memaparkan jika ingin membangun usaha harus melihat pangsa pasar. Sebab menurutnya kondisi pasar sangat penting dalam membangun usaha. Selain itu, dalam membangun usaha harus didasari lima hal, yaitu kepemimpinan, gagasan, pengelolaan, manajerial, dan pesuruh.

“Selama ini orang kita banyak yang bisa di manajerial, pengelolaan, dan pesuruh. Namun kurang di gagasan dan kepemimpinan, sehingga sebuah usaha berjalan kurang maksimal,” ujarnya,

Haji Uma mengatakan jika Aceh mampu melihat potensi pasar dan memiliki kelima hal tersebut, maka Aceh akan lebih maju tanpa harus mengadu nasib ke negeri tetangga. Tentu juga dibutuhkan keinginan serta komitmen dalam memulai usaha.

“Kalau orang tidak memiliki komitmen itu biasanya terlihat, meskipun sudah dibantu oleh banyak orang, tapi tetap saja usahanya tidak jalan,” pungkasnya. (Humas Unsyiah/fer)

Leave A Reply