UP3AI FKep Bina Karakter Mahasiswa

0

Unit Pengembangan Program Pendamping Mata Kuliah Agama Islam (UP3AI) Fakultas Keperawatan, Universitas Syiah Kuala, berkolaborasi dengan Generasi Edukasi Nanggroe Aceh (GEN-A) menyelenggarakan kegiatan Pembinaan Karakter Islami, Sabtu (23/2) di Aula Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Unsyiah.

Kegiatan yang mengusung tema Alquran Sebagai Dasar Pembentukan Karakter Muslim Sukses” menghadirkan Ayub Meulila Abdy, SE., sebagai pemateri. Ia merupakan pengusaha sukses dan pengarang buku “Bagaimana Me-Lobby Tuhan”. Kegiatan ini diikuti 200 peserta yang merupakan mahasiswa dari berbagai fakultas.

Aina Hariana, panitia kegiatan, menjelaskan jika acara ini bertujuan untuk membina karakter mahasiswa agar dapat menerapkan nilai-nilai Islam dalam kehidupan sehari-hari. Kegiatan ini tambahnya, merupakan bagian dari kegiatan mentoring UP3AI yang merupakan mata kuliah wajib diikuti oleh setiap mahasiswa muslim Unsyiah.

“Selain kegiatan ini, nanti juga ada kegiatan baca Iqra’ dan praktik ibadah,” ujarnya.

Wakil Rektor III Unsyiah, Dr. Alfainsyah Yulianur BC, menegaskan saat ini sangat penting peningkatan soft skill dan pembinaan karakter. Terlebih lagi di dunia kerja, 80 persen dipengaruhi soft skill dan kecerdasan emosional. Sedangkan sisanya, 20 persen dipengaruhi nilai akademik.

“Tetapi jangan lupa, akademik merupakan identitas yang tidak bisa ditinggalkan,” ujar Alfiansyah.

Sementara itu, Ayub Meulila Abdy, SE., dalam materinya mengatakan akhlak baik merupakan poin penting dalam meraih kesuksesan dunia akhirat. Mengabaikan ajaran agama merupakan salah satu sebab ketidaksuksesan seseorang dalam meraih cita-cita. Visi misi hidup manusia yang tidak sesuai dengan Alquran, salah satunya karena tidak mengenal Tuhan dengan baik.

“Tuhan hanya hadir di tempat-tempat salat, tetapi terasa tidak penting di dalam urusan dunia,” tegasnya.

Oleh karena itu, ia menyarankan untuk kembali mempelajari Alquran dan mendekatkan diri kepada sang Pencipta. Sebab dengan mendekatkan diri pada agama, kerusakan karakter yang dialami anak bangsa saat ini dapat berkurang.

Kegiatan ini turut dihadiri Dekan Fakultas Keperawatan Dr.Hajjul Kamil ,S.Kp,.M.Kep., Direktur UP3AI Fakultas Keperawatan, Ns. Noraliyatun Jannah, M.Kep, dan civitas akademika lainnya. (Humas Unsyiah/fer)

 

Leave A Reply