Telkom Dukung Unsyiah Menjadi Smart Campus

0

PT. Telekomunikasi Indonesia (PT.Telkom) mendukung penuh Universitas Syiah Kuala untuk menjadi Smart Campus. Hal ini disampaikan oleh Deputy EVP Marketing Telkom Regional I Sumatra Asep Kartiwan dalam pertemuan dengan Rektor Unsyiah Prof.Dr.Ir. Samsul Rizal,M.Eng di Ruang Mini Rektor Unsyiah. (Rabu, 20/2).

Rektor mengungkapkan, bahwa Unsyiah dan PT. Telkom telah lama menjalin kerja sama dalam bidang teknologi informasi. Kerja sama ini telah dimulai sejak tahun 2007, di mana bandwidth Unsyiah yang awalnya hanya 25 MB kini telah menjadi 2 GB.

Rektor mengakui bahwa saat ini perkembangan teknologi informasi sangat pesat. Oleh sebab itu, Unsyiah sebagai perguruan tinggi harus mampu mempersiapkan intitusinya terhadap perkembangan dari era globalisasi tersebut. Apalagi saat ini dunia telah memasuki era Revolusi Industri 4.0.

Dalam sistem pembelajaran, sambung Rektor, Unsyiah telah menerapkan sistem E Learning. Selain itu, Unsyiah melalui UPT Lab Terpadu juga telah melatih mahasiswanya dalam upaya mengembangkan berbagai start-up.

“Karena kita ingin mengoptimalkan mahasiswa yang merupakan anak muda ini, untuk tampil sebagai player dalam perkembangan teknologi informasi yang terus berkembang pesat,” ungkap Rektor.

Asep menjelaskan, sebagai sebuah BUMN maka sudah semestinya PT. Telkom turut berkontribusi dalam upaya peningkatan kualitas pendidikan di Indonesia. Hal ini juga telah menjadi blue print PT. Telkom yaitu untuk mendukung secara total perguruan tinggi di tanah air untuk bertransformasi mulai dari Smart Campus menuju Intelligent Campus.

Salah satu karakteristik Smart Campus yaitu Technology to Create Value. Oleh karena itu, Asep sangat mengapresiasi rencana Unsyiah yang akan berinovasi melalui dunia digital. Seperti rencana mewujudkan sistem kartu elektronik  untuk parkir, Unsyiah Mall dan Unsyiah Pay.

PT. Telkom bersedia untuk mendukung infranstruktur teknologi dan informasi Unsyiah agar terintegrasi dengan baik. Sebab kapabilitas yang dimiliki oleh Unsyiah dan Telkom, tujuannya tidak lain agar kedua institusi ini bisa bersinergi untuk memajukan Aceh

“Kita siap mendukung itu, agar Unsyiah bergerak mulai dari Smart Campus ke Intelligent Campus,” ungkapnya.

Pada kegiatan ini Telkom juga menyumbangkan satu unit TV LED 55 inci untuk Masjid Jamik Kampus Unsyiah. Turut hadir dalam pertemuan ini Wakil Rektor I Unsyiah Prof.Dr. Marwan, Wakil Rektor IV Unsyiah Dr. Hizir. Kepala UPT Teknologi Informasi dan Komunikasi Unsyiah Nazaruddin, S.Si. M.Eng.Sc dan Kepala UPT Lab Terpadu Rahmad Dawood, S.Kom, M.Sc.

Leave A Reply