SMA 2 Lubuk Pakam Kunjungi Unsyiah

0

Sebanyak 70 orang siswa dan 20 guru SMA 2 Lubuk Pakam, Sumatra Utara mengunjungi Universitas Syiah Kuala untuk mengenal lebih jauh kampus ini. Rombongan ini dipimpin oleh Pembantu Kepala Sekolah SMA 2 Lubuk Pakam bidang Kesiswaan Sakino, S.Pd dan disambut oleh Wakil Rektor I Unsyiah Prof. Dr. Marwan di Balai Senat Unsyiah. (Senin, 4/2).

Marwan dalam sambutannya mengatakan, Unsyiah merasa sangat terhormat atas kunjungan ini. Sebab yang hadir adalah para siswa SMA yang sebentar lagi akan melanjutkan kuliah ke perguruan tinggi. Mereka adalah generasi emas Indonesia yang kelak akan menjadi pemimpin besar di negeri ini.

Di hadapan para siswa, Marwan menjelaskan sejarah lahirnya Unsyiah, proses belajar serta prestasi apa saja yang telah diraih oleh kampus ini. Dalam proses belajar, ungkap Marwan, Unsyiah sangat menekankan pada pembinaan karakter bagi mahasiswanya.

Di mana setiap mahasiswa Unsyiah diwajibkan untuk mengikuti Program Pendamping Pendidikan Agama Islam (UP3AI). Melalui program ini mahasiwa Unsyiah yang muslim diajarkan membaca al Quran dengan baik dan benar, serta ilmu agama Islam lainnya. Sementara bagi yang non muslim, pelajaran agamanya diserahkan kepada pemuka agamanya masing-masing.

“Setiap mahasiswa Unsyiah wajib bisa baca al Quran, minimal Iqra 6. Setelah mereka lulus baru boleh mengambil mata kuliah agama,” kata Marwan.

Sakino mengatakan, kunjungan seperti ini merupakan agenda tahunan dari SMA 2 Lubuk Pakam yang tujuannya adalah untuk mengenalkan para siswanya terhadap dunia perguruan tinggi. Saat ini SMA 2 Lubuk Pakam telah meraih banyak prestasi baik lokal maupun nasional. Bahkan sekolah ini pernah mendapatkan penghargaan dari Wakil Presiden Jusuf Kalla.

SMA 2 Lubuk Pakam memiliki siswa sebanyak 993 orang. Di mana 50% adalah non muslim. Begitu pula para gurunya yang terdiri dari muslim dan non muslim. Oleh sebab itu, menurut Sakino pengelolaan manajemen di sekolahnya  tidak sama dengan sekolah yang ada di Aceh.

“Meskipun demikian, kalau untuk baca al Quran Insya Allah siswa  kami yang beragama Islam sudah lancar semua,” ujarnya.

Pada kesempatan ini, Sakino juga mengucapkan terima kasih atas sambutan Unsyiah. Ia berharap setelah kunjungan ini nantinya ada siswa di sekolahnya yang tertarik untuk melanjutkan pendidikan di Unsyiah.  Selain itu, Sakino juga berharap Unsyiah bisa mempertahankan prestasi yang telah diraihnya dan menjadi barometer pendidikan di Indonesia.

Turut hadir dalam kegiatan ini Kepala Biro Akademik Unsyiah Rahmat Lubis, S.E., Kepala Biro Perencanaan dan Hubungan Mahasiswa (BPHM) Unsyiah Abdul Rochim, S.Sos., M.Pd., Kepala Biro Kemahasiswaan Unsyiah Drs. M. Nasir Ibrahim, Sekretaris LP3M Unsyiah Dr. Ir. Suhendrayatna, M.Eng. dan Kepala Humas Unsyiah Husni Friady, S.T., M.M.

Leave A Reply