Rektor Unsyiah; Pengisian PDSS Tinggal Tiga Hari Lagi

0

Rektor Universitas Syiah Kuala (Unsyiah), Prof. Dr. Ir. Samsul Rizal, M.Eng., meminta pihak SMA sederajat di Aceh untuk segera mengisi Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS). Hal ini dikarenakan pengisian data PDSS akan segera berakhir pada tanggal 25 Januari 2019. Pengisian data tersebut dapat dilakukan melalui website www.pdss.snmptn.ac.id.

Rektor menambahkan hingga tanggal 21 Januari, dari total 997 sekolah SMA sederajat di Aceh, tercatat 300 sekolah yang belum mengisi PDSS. Selain itu, 92 sekolah di antaranya belum memfinalisasi pengisian data. Untuk itu, ia berharap pihak sekolah untuk concern terhadap masalah ini. Terlebih lagi PDSS merupakan syarat utama untuk dapat mengikuti Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi (SNMPTN) tahun 2019.

“PDSS ini syarat utama untuk ikut SNMPTN, jika sekolah lalai maka yang paling dirugikan anak-anak kita,” ujarnya.

Rektor menjelaskan PDSS merupakan basis data yang berisi rekam jejak sekolah dan prestasi akademik siswa. Setiap sekolah yang mengikuti SNMPTN harus memiliki Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN). Sedangkan siswa yang berhak mengikuti SNMPTN harus memiliki Nomor Induk Siswa Nasional (NISN), berprestasi akademik, dan terdaftar di PDSS.

Ia juga menekankan agar pihak sekolah dapat mengisi PDSS secara baik, tepat, dan tidak berlaku curang. Sebab menurutnya, jika tim verifikasi SNMPTN menemukan kecurangan, maka sekolah tidak dapat ikut serta di SNMPTN tahun depan dan siswa akan dibatalkan kelulusannya. Selain itu, Rektor juga mengajak pihak sekolah dan siswa untuk selalu memantau informasi penerimaan mahasiswa baru SNMPTN melalui websitewww.snmptn.ac.id.

“Kami berharap pihak sekolah dan siswa dapat selalu memantau website agar segala informasi dapat diketahui secara lengkap dan jelas”.

Rektor juga menambahkan, Unsyiah telah melakukan sosialisasi SNMPTN untuk sekolah di kawasan Banda Aceh, Aceh Besar, Sabang, Pidie, Pidie Jaya, Gayo Lues, dan Aceh Tenggara. Sementara untuk wilayah barat, Unsyiah bekerja sama dengan Universitas Teuku Umar untuk sosialisasi di Aceh Jaya, Aceh Barat, dan Nagan Raya. Sosialisasi ini dilakukan untuk membantu sekolah dalam pengisian PDSS, sekaligus untuk mengetahui permasalahan yang dihadapi di lapangan. (Humas Unsyiah/fer)

 

Leave A Reply