437 Peserta PPG Ikut Uji UKMPPG di Unsyiah

0

Sebanyak 437 orang peserta program Pendidikan Profesi Guru (PPG) yang berasal dari berbagai LPTK penyelenggara PPG seluruh Indonesia, mengikuti Uji Pengetahuan Uji Kompetensi Mahasiswa pendidikan profesi guru (UP UKMPPG) periode januari 2019 mulai 19 – 20  Januari 2019 di kampus Universitas Syiah Kuala.

Peserta ujian merupakan mahasiswa PPG dari program PPG Prajabatan Bersubsidi, SM-3T, PPGT Dalam Jabatan (Daring) dan Guru Daerah Khusus (Gurdasus) yang telah mengikuti serangkaian proses dan kegiatan selama dua semester di LPTK penyelenggara PPG tetapi belum lulus pada Uji Pengetahuan (UP UKMPPG).

Bagi peserta yang belum lulus tersebut diberikan kesempatan mengulang sebanyak enam kali (periode) selama 2 tahun. UP UKMPPG merupakan rangkaian kegiatan yang harus diikuti oleh peserta PPG untuk mendapatkan sertifikat pendidik dan menjadi guru yang profesional.

Ketua PPG FKIP Unsyiah Dr. Samingan, M.Si berpesan, setiap peserta ujian harus sungguh-sungguh mengikuti UP UKMPPG. Sebab ujian kali ini kebijakannya berbeda dari tahun sebelumnya.

“Di mana setiap peserta diharuskan membayar untuk mengikuti ujian UP ulang,” ungkapnya.

Menurut hasil pantauan panitia, beberapa hari sebelum mengikuti UP UKMPPG ulang terlihat beberapa kelompok belajar di ruang Asrama PPG FKIP Unsyiah. Mereka rela datang dari kampung halamannya lebih awal agar bisa belajar bersama-bersama untuk mempersiapkan diri lebih maksimal.

Pelaksanaan UP UKMPPG bertempat di Laboratorium Komputer UPT TIK Unsyiah dan Laboratorium Komputer FKIP Unsyiah. UP UKMPPG dilaksanakan selama dua hari yang dibagi menjadi empat sesi. Setiap sesi diberikan waktu 180 menit untuk menjawab soal-soal sesuai dengan bidang studi peserta. Kategori soal yang diuji adalah uji kompetensi pedagogik, kompetensi profesional, kompetensi kepribadian dan kompetensi sosial.

Setelah pelaksanaan Sesi  selesai, peserta, pengawas, penanggung jawab ruang (PJR) dan panitia diwajibkan mengisi instrument monev secara online. Kemudian beberapa perwakilan dari peserta diminta untuk menjadi narasumber dalam sesi wawancara dengan penyelia terkait pelaksanaan UP UKMPPG.

Samingan mengatakan, pelaksanaan UP UKMPPG di Unsyiah yang diselenggarakan serentak secara nasional ini berjalan lancar tanpa kendala yang berarti. Untuk itulah, ia menyampaikan rasa terimakasih kepada semua pihak yang telah berkontribusi dalam pelaksanaan UP UKMPPG periode ini.

“Semoga keharmonisan dan kerjasama yang baik ini bisa terjalin pada pelaksanaan UP UKMPPG periode berikutnya,”  ujarnya.

Turut hadir untuk memantau serta memastikan ketertiban dan kelancaran pelaksanaan ujian ini, Dekan FKIP Unsyiah, Prof. Dr. Djufri, M.Si. bersama Penyelia dari Universitas Negeri Medan Drs. Sriadhi, M.Pd.,M.Kom.,Ph.D. didampingi Sekretaris PPG FKIP Unsyiah Drs. Rusman, M.Si.

 

Leave A Reply