5.485 Mahasiswa Baru Unsyiah Ikut Pakarmaru

0
Sebanyak 5.485 mahasiswa baru Universitas Syiah Kuala mulai jenjang diploma sampai sarjana mengikuti kegiatan Pembinaan Akademik dan  Karakter Mahasiswa Baru (Pakarmaru), yang dilaksanakan mulai tanggal 27 – 29 Agustus 2018 di Gedung AAC Dayan Dawood. (Senin, 27/8).
Wakil rektor bidang akademik Unsyiah Prof. Dr. Marwan mengatakan, Pakarmaru adalah kegiatan akademik tahunan Unsyiah dalam menyambut mahasiswa baru. Namun pelaksanaan Pakarmaru tahun ini sedikit berbeda. Jika pada tahun sebelumnya jumlah mahasiswa dibagi dua gelombang, namun tahun ini semua mahasiswa baru berkumpul untuk melaksanakan kegiatan ini bersama.
“Sebenarnya inilah yang menjadi salah satu semangat Unsyiah, yaitu kebersamaan. Jadi dalam suasana Pakarmaru kita harapkan terbangun suasana kebersamaan,” ujar Marwan.
Marwan mengungkapkan, saat ini Unsyiah memiliki 132 program studi dan lebih sepertiganya telah terakreditasi A. Maka, kehadiran mahasiswa baru ini ke Unsyiah merupakan rahmat sekaligus kepercayaan yang bernilai bagi Unsyiah. Untuk itulah, Marwan berharap setiap mahasiswa tersebut nantinya bisa lulus dengan baik di kampus ini.
Bahkan, jika nantinya mereka memiliki kendala dalam keuangan. Maka hal tersebut bisa dikomunikasikan dengan pihak Rektorat untuk dicarikan jalan keluarnya.
“Kita tidak ingin gara-gara masalah keuangan kalian tidak bisa lulus, jadi kalau ada masalah keuangan kita bicarakan saja. Unsyiah sangat terbuka untuk itu,” ujarnya.
Dalam kegiatan ini, mahasiswa baru Unsyiah mendapatkan beberapa materi penting yang disampaikan oleh pihak yang berkompeten. Seperti Tataran Dasar Bela Negara, Wawasan Kebangsaan, dan Sistem Pertahanan Semesta oleh Panglima Kodam Iskandar Muda serta Bahaya Radikalisme dan Terorisme oleh Kapolda Aceh.
Lalu Pengetahuan Hukum Tindak Pidana Korupsi oleh Kajati Aceh, Empat Konsensus Dasar Kebangsaan oleh Kepala Kesbangpolinmas Aceh, Kerukunan Umat Beragama oleh Ketua Forum Kerukunan Umat Beragama Aceh,  Bahaya Narkoba dan Tindak Pidana Narkotika oleh  Kepala BNN Aceh.
Selain itu, Unsyiah juga menyampaikan informasi seputar layanan yang tersedia di kampus dan kegiatan kemahasiswaan yang bisa mereka ikuti nantinya.
Turut hadir dalam kegiatan ini Wakil Rektor III Unsyiah Dr. Ir. Alfiansyah Yuliannur, Para Dekan dan Wakil Dekan Unsyiah, Ketua Ikatan Keluarga dan Alumni (IKA) Unsyiah Sulaiman Abda serta para Kepala Biro Unsyiah.

Leave A Reply