Amankan Layanan Informasi, Perpustakaan Unsyiah Lulus Sertifikasi ISO 27001, Satu-satunya PTN di Indonesia

0

Perpustakaan Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) mendapat sertifikasi internasional ISO 27001 dalam bidang Keamanan Informasi Sistem Perpustakaan dengan aplikasi OPAC, OER, dan Room Booking.Keberhasilan ini mencatat Perpustakaan Unsyiah menjadi unit kerja pertama dalam lingkup Perguruan Tinggi Negeri (PTN) di Indonesia yang mendapatkan sertifikasi ISO 27001.

Kepala Perpustakaan Unsyiah, Dr Taufiq Abdul Gani M.Eng.Sc mengatakan, hari Senin lalu (13/8.2018) pihaknya diberi tahu oleh lembaga sertifikasi, TUV Rheinland bahwa certifier mereka yang berlokasi di kantor pusat Jerman sudah meluluskan Perpustakaan Unsyiah untuk sertifikasi ISO 27001, sesuai persyaratan dari DAkks (Badan Akreditasi Nasional Jerman).

Persiapan sertifikasi ini dilakukan dalam masa satu tahun dengan cara menguatkan prosedur dan tata-kelola keamanan informasi. Hasilnya adalah Perpustakaan Unsyiah berhasil memberikan jaminan pengendalian atas keamanan, kerahasiaan, dan ketersediaan layanan dengan mengamankan sumber daya informasi, menjalankan dua server redundant yang berlokasi di Banda Aceh dan Singapura yang saling mereplikasi (replication) dan saling ambil alih secara otomatis jika ada satu server mengalami gangguan (failed-over). Sehingga pengguna aplikasi tersebut diatas terjamin terlayani tanpa interupsi atau gangguan.

Saat ini Perpustakaan Unsyiah juga tercatat menyandang sertifikasi ISO 9001 untuk Penjaminan Mutu sejak tahun 2015 lalu.

Wakil Rektor Akademik Unsyiah, Prof Dr Marwan sangat gembira atas pencapaian meraih 2 sertifikasi internasional yang diraih Perpustakaan Unsyiah yang mendorong pencapaian visi Unsyiah, yaitu terkemuka di Asia Tenggara.

“Kami mendorong semua unit untuk memaksimalkan pelayanan berbasis teknologi informasi yang dapat mempermudah dan mengefisienkan pelayanan. Di tingkat univeristas, kami sudah menyediakan kapasitas bandwidth dan infrastruktur yang memadai,” ujarnya.

 

Leave A Reply