Mahasiswa FP Unsyiah Ikut Program Agri-Relationship of Asean Universities Network di UPM Malaysia

0

Sebanyak 8 mahasiswa FP Unsyiah dari berbagai jurusan di lingkungan FP mengikuti Program Agri-Relationship of Asean Universities Network di UPM Malaysia. Adapun mahasiswa yang terpilih dari hasil seleksi adalah Fitra Aris Munandar, Zurlaily Oktaviani (Agroteknologi), Nadia Frastica, Mita Rezekina Utami (Agribisnis), Elya Sukmawati, Anniza Azzahra (Teknik Pertanian), Rosna Sari (Peternakan) dan Intan Apriani (Ilmu Tanah). Delapan mahasiswa tersebut juga didampingi oleh Dekan FP Unsyiah Prof. Dr, Ir. Samadi, M.Sc. dan Wakil Dekan III FP Unsyiah Dr. nat. techn. Syafruddin, S.P., M.P. Program tersebut merupakan salah satu program kerjasama internasional antara universitas pertanian di negara-negara Asean seperti Thailand, Malaysia dan Indonesia. Khusus untuk tahun ini yang menjadi tuan rumah adalah UPM, Malaysia. Agenda utama program tersebut adalah pertukaran informasi, kuliah dan kerja praktek bidang pertanian se-Asean serta pengenalan budaya dan kearifan lokal masing-masing negara peserta.

Kegiatan yang diikuti oleh lebih kurang 40 peserta tersebut berlangsung dari tanggal 31 Juli sd 13 Agustus 2018. Prof. Dr. Samadi, M.Sc. pada opening ceremony menerima bendera pelaksanaan kegiatan dari Dekan UPM. Prof. Abdul Shukor Juraimi untuk pelaksanaan kegiatan tersebut pada tahun 2019 di FP Unsyiah. Agenda untuk kegiatan pada tahun 2019 di FP Unsyiah akan memperkenalkan produk lokal dan unggulan seperti padi lokal aceh, nilam aceh, sapi aceh, kopi aceh, budidaya dan pengolahan kelapa sawit, produksi mikoriza untuk berbagai tanaman target, dan memperkenalkan wisata Aceh terutama situs-situs tsunami. Dalam kegiatan tahun ini juga akan dipilih peserta terbaik I, II, dan III serta Best Group yang berpartisipasi dalam ajang tersebut.

Tahun lalu di Thailand, FP Unsyiah berprestasi dengan meraih 4 penghargaan dari 10 penghargaan yang disediakan oleh panitia Thaksin University. Selama di Malaysia seluruh peserta akan fokus pada materi kultur jaringan, organic farming, peternakan ayam dan burung unta, pembuatan sabun organik, melihat perkembangan produksi padi di Malaysia dan tinggal di rumah penduduk selama 3 hari untuk mengenal budaya dan produk makanan tradisional Malaysia. Disamping itu juga akan mengunjungi tempat-tempat wisata dan kota sejarah Melaka, sebagai salah satu ikon unggulan wisata Malaysia dan ke berbagai lahan pertanian UPM, Malaysia. Semoga dengan kegiatan ini dapat meningkatkan pemeringkatan prestasi internasional mahasiswa Unsyiah tentunya.

Leave A Reply