Harmoni Indonesia di Unsyiah Berlangsung Meriah

0

Perhelatan Harmoni Indonesia yang berlangsung di Lapangan Tugu, Darussalam, Universitas Syiah Kuala (Unsyiah), Minggu pagi (5/8), berjalan sukses dan meriah. Kegiatan ini diikuti oleh ratusan mahasiswa perguruan tinggi negeri dan swasta di Aceh, instansi pemerintah, siswa sekolah, serta kepolisian Polda Aceh.

Rektor Unsyiah, Prof. Dr. Ir. Samsul Rizal, M.Eng., mengatakan Harmoni Indonesia di Unsyiah ini merupakan bagian dari kegiatan pemerintah pusat yang juga berlangsung di waktu bersamaan di Gelora Bung Karno. Kegiatan ini untuk menyambut HUT RI ke-73, serta memeriahkan Asian Games yang akan berlangsung pada pertengahan Agustus nanti.

Rektor mengajak para mahasiswa untuk berdoa dan mendukung atlet Indonesia agar dapat mengukir prestasi demi mengharumkan nama bangsa di pentas dunia. Selain itu, juga mendukung agar Indonesia mampu menjalankan fungsinya sebagai tuan rumah pelaksanaan Asian Games 2018.

Kegiatan ini diisi dengan menyanyikan lagu kebangsaaan dan lagu-lagu perjuangan, seperti lagu Indonesia Raya, Satu Nusa Satu Bangsa, Rayuan Pulau Kelapa, Mars Garuda Pancasila, dan ditutup lagu Bagimu Negeri.

Rektor berharap nyanyian lagu perjuangan ini mampu menumbuhkan rasa persaudaraaan serta menyingkirkan sekat-sekat yang selama ini terbentuk di tengah masyarakat.

“Harmoni ini tertulis rapi di kaki burung Garuda, yaitu Bhinneka Tunggal Ika, bahwa meskipun kita berbeda, kita tetap satu, yaitu Indonesia,” ujarnya.

Kegiatan Harmoni Indonesia juga berlangsung di 33 provinsi di seluruh Indonesia yang setiap provinsinya diwakili satu perguruan tinggi sebagai titik kumpul. Namun, hanya 10 perguruan tinggi terpilih yang terhubung langsung(live streaming) dengan Presiden RI, Jokowi, di Gelora Bung Karno, salah satunya adalah Universitas Syiah Kuala.

Kegiatan ini turut dihadiri para sivitas akademika Unsyiah, dosen, forkopimda, instansi pemerintah, siswa sekolah, serta mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi di Aceh, seperti Univeristas Samudera, Universitas Serambi Mekkah, ISBI Aceh, BP2IP Malahayati, dan lain-lain. (fer)

Leave A Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.