Unsyiah Peringati Hari Ibu

0

Seluruh civitas Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) melaksanakan upacara dalam rangka memperingati Hari Ibu ke 89 di Lapangan Tugu, Kopelma Darussalam. Upacara ini dipimpin langsung oleh Rektor Unsyiah Prof. Dr. Ir. Samsul Rizal, M.Eng dan dihadiri oleh para Dekan, Kepala Biro, dosen, pegawai, dan mahasiswa Unsyiah, Jumat (22/12) pagi.

Dalam pidatonya, Prof Samsul membacakan langsung amanat Menteri Pemberdayan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia,Yohana Yembise yang menyebut bahwa Peringatan Hari Ibu (PHI) setiap tahunnya diselenggarakan untuk mengenang dan menghargai perjuangan kaum perempuan Indonesia. Kaum ibu telah berjuang bersama-sama kaum laki-laki dalam merebut kemerdekaan dan berjuang untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat.

“Tekad dan perjuangan kaum perempuan untuk mewujudkan kemerdekaan dilandasi oleh cita-cita dan semangat persatuan kesatuan menuju kemerdekaan Indonesia yang aman, tentram, damai, adil dan makmur sebagaimana dideklarasikan pertama kali dalam Kongres Perempuan Indonesia pada tanggal 22 Desember 1928 di Yogyakarta,” ujar Samsul.

Rektor menambahkan, momentum PHI dapat dijadikan sebagai refleksi dan renungan bagi kita semua, tentang berbagai upaya yang telah dilakukan dalam rangka memajukan pergerakan perempuan di semua bidang pembangunan.

Kegiatan PHI ke-89 Tahun 2017 mengangkat tema “Perempuan Berdaya, Indonesia Jaya”. Diantaranya adalah meningkatkan akses ekonomi bagi perempuan menuju perempuan mandiri, sejahtera, dan bebas dari kekerasan.

Selanjutnya adalah peningkatan ketahanan keluarga untuk mewujudkan keluarga yang kuat dalam berbagai bidang (kesehatan, ekonomi, pendidikan, kehidupan keluarga, kehidupan bermasyarakat dan kuat dalam menyikapi perbedaan budaya). (mr)

 

Leave A Reply