SBMPTN

Ignasius Jonan Beri Kuliah Umum di Unsyiah

0

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Republik Indonesia, Ignasius Jonan, memberikan kuliah umum di depan ribuan mahasiswa dan civitas akademika Univeristas Syiah Kuala (Unsyiah) di Gedung AAC Dayan Dawood, Jumat (21/7). Kuliah umum ini dalam rangka seminar potensi gas blok A sebagai pembangkit listrik untuk Aceh dan Sumatera bagian Utara yang diselenggarakan oleh Unsyiah, Badan Pengelola Migas Aceh (BPMA), dan Medcoenergi.

Dalam penjelasannya, Ignasius mengatakan jika pemerintah terus berupaya untuk menyediakan listrik hingga ke pelosok negeri sekaligus menyediakan listrik dengan harga terjangkau. Langkah ini dilakukan pemerintah untuk menghadirkan energi berkeadilan bagi masyarakat.

“Ada beberapa hal yang terus dibenahi pemerintah dalam hal ESDM, tetapi prinsipnya hanya satu, harus berkeadilan,” pungkasnya.

Ignasius juga menyinggung tentang pertumbuhan listrik di Aceh. Ia menyebutkan jika rasio elektrifikasi listrik di Aceh telah mencapai 96% yang berada di atas rata-rata nasional yang hanya 92%. Selain itu, ke depannya pemerintah juga akan mengembangkan energi baru yang berasal dari panas bumi, tenaga surya, hingga angin. Bahkan beberapa lokasi pengembangan energi tersebut juga akan berlangsung di Aceh.

Sementara itu dalam sambutannya, Rektor Unsyiah, Prof Dr Ir Samsul Rizal M. Eng mengatakan jika saat ini Unsyiah telah menghadirkan beragam program studi yang fokus dalam membangun pertumbuhan energi di Indonesia. Diharapkan hadirnya program studi ini dapat menggali potensi yang dimiliki Indonesia dan Aceh sehingga dapat dimanfaatkan secara optimal.

“Seluruh potensi energi yang dimiliki Aceh harus menjadi semangat untuk membangun Aceh ke arah lebih baik,” pungkas Rektor.

 

Leave A Reply