SBMPTN

1.627 Peserta SMM PTN-Barat Lulus di Unsyiah

0

Sebanyak 1.627 peserta Seleksi Mandiri Masuk Perguruan Tinggi Negeri Wilayah Barat Indonesia (SMMPTN-Barat) 2017 dinyatakan lulus di Universitas Syiah Kuala (Unsyiah). Pengumuman hasil SMMPTN ini dapat dilihat di laman http://pengumuman.smmptnbarat.id/ mulai Selasa (18/7) pukul 14.00 WIB.

Rektor Unsyiah Prof Dr Ir Samsul Rizal MEng mengatakan, 1.627 peserta yang dinyatakan lulus di universitas itu terbagi dalam 63 program studi. Ia juga menambahkan, para peserta dapat melihat pengumuman hasil seleksi SMMPTN-Barat di laman http://smmptn.unsyiah.ac.id/.

“Dari 9.699 orang peminat yang memilih Unsyiah melalui jalur SMMPTN-Barat 2017, hanya 1.627 orang yang lulus,” ujarnya.

Ia menjelaskan, selanjutnya para peserta yang lulus SMM PTN-Barat 2017 dihimbau untuk mendaftar ulang dengan mengisi biodata Uang Kuliah Tunggal Berkeadilan (UKTB) di laman www.uktb.unsyiah.ac.id. Selain itu, peserta yang lulus juga diharuskan untuk mengikuti Orientasi Sistem Informasi Kampus (Osimpus), tes kesehatan, pembayaran UKTB, pemotretan kartu mahasiswa, pengembalian berkas registrasi, kelas perpustakaan, hingga pengisian KRS Online. Semua informasi lengkap mengenai jadwal dan tata cara pendaftaran ulang dapat dilihat di situs www.unsyiah.ac.id.

“Ada banyak dokumen yang harus dilengkapi dan dibawa saat pendaftaran ulang, untuk itu mohon untuk mengecek tata caranya di website Unsyiah,” kata Prof Samsul.

Disebutkan, bagi peserta yang belum lulus melalui jalur SMM PTN-Barat dapat mendaftarkan diri pada Jalur Mandiri Unsyiah (JMU) Program Diploma-III. Pendaftaran jalur ini telah dibuka sejak 10-31 Juli 2017. Pendaftaran dilakukan secara online melalui laman http://pendaftarand3.unsyiah.ac.id.

“Selain Unsyiah, seleksi SMMPTN-Barat juga serentak dilakukan oleh 15 Perguruan Tinggi Negeri (PTN) lainnya di wilayah barat Indonesia, seperti Universitas Andalas, Universitas Jambi (Unja), Universitas Lampung, Universitas Bengkulu, Institut Seni Indonesia, Universitas Palangkaraya, Universitas Malikussaleh (Unimal) Aceh Utara, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Universitas Maritim Raja Ali Haji (Umrah, Universitas Bangka Belitung, Universitas Teuku Umar (UTU) Meulaboh, Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Fatah, Institut Teknologi Sumatera, Insitut Seni dan Budaya Indonesia (ISBI) Aceh, dan Universitas Samudera (Unsam) Langsa,” pungkasnya.

 

Penulis: Ferhat Muchtar

Editor: Reza Fahlevi

 

Leave A Reply