SBMPTN

Ratusan Mahasiswa Unsyiah Dilatih Berwirausaha

0

Sebanyak 250 mahasiswa Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) dilatih mengenai cara berwirausaha melalui Seminar dan Pelatihan Kewirausahaan yang bertema bertema Melalui Kegiatan Wirausaha Kita Tingkatkan Kreativitas dan Inovasi Mahasiswa Unsyiah. Kegiatan tersebut dilaksanakan selama dua hari mulai 10 – 11 Juli 2017 di Ruang Flamboyan Gedung AAC Dayan Dawood, Darussalam, Banda Aceh, Rabu (12/7).

Acara ini dibuka oleh Kepala UPT Kewirausahaan Unsyiah Dr drh M Hanafiah MP mewakili Wakil Rektor III Unsyiah Dr Ir Alfiansyah Yulianur BC.

“Kegiatan ini bertujuan agar tercapainya peningkatkan jiwa, sikap, pengetahuan dan keterampilan mahasiswa di bidang kewirausahaan yang akhirnya akan menghasilkan wirausaha baru yang mampu menciptakan lapangan kerja,” kata Dr Hanafiah.

Ia menjelaskan, kegiatan ini menghadirkan Kasubdit Kesejahteraan dan Kewirausahaan Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan (Belmawa) Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Drs Ismet Yus Putra MM. Kemudian pelatihan kewirausahaan diberikan oleh Prof Dr Saryono MS dari Universitas Riau (Unri) yang menitikberatkan tentang kewirausahaan sebagai karir.

“Sedangkan Prof Dr Ir C Hanny Wijaya MAgr dari Institut Pertanian Bogor (IPB) mengulas seputar bagaimana cara memulai sebuah usaha dan trik-trik dalam berwirausaha,” paparnya.

Dalam pemaparannya, Prof Hanny mengungkapkan, sudah menjadi hal yang lumrah apabila sebuah usaha itu maju mundur dan maju mundur. Namun yang penting adalah para pelaku usaha harus konsisten dengan usaha yang digelutinya. Selain itu, pengusaha harus berjiwa totalitas ketika sedang berwirausaha.

“Jangan mudah menyerah dan bermental pecel lele yang kalau suatu usaha berhasil kemudian yang lain semua ikutan buka usaha yang sama,” ujarnya.

Menurutnya, pelaku usaha harus menciptakan produk yang kreatif dan kompetitif agar laku di pasaran. Pasar biasanya cepat bosan dengan produk yang tidak berinovasi. Di samping itu, dunia usaha harus memanfaatkan dunia digital sebagai wadah untuk pemasaran produk.

 

Editor: Reza Fahlevi

Leave A Reply