2.512 Mahasiswa Baru Unsyiah Ikut OSIMPUS

0

Sebanyak 2.512 mahasiswa baru Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) mengikuti Orientasi Sistem Informasi Kampus (OSIMPUS). Kegiatan yang dilaksanakan mulai 7 – 10 Juli ini berlangsung di Gedung UPT Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) Unsyiah, Senin (3/7).

Kepala UPT TIK Unsyiah Dr Taufik Fuadi Abidin SSi MTech mengatakan, mahasiswa baru Unsyiah wajib mengetahui sistem informasi yang ada di Unsyiah. Mahasiswa baru yang ikut OSIMPUS pada tahap ini merupakan mahasiswa baru yang lulus melalui jalur Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN). Setiap mahasiswa baru Unsyiah wajib mengikuti OSIMPUS, baik itu mahasiswa baru yang diterima melalui Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), Seleksi Mandiri Masuk Perguruan Tinggi Negeri Wilayah Barat (SMM PTN-BARAT), dan Jalur Mandiri Unsyiah (JMU).

“Sebab sistem informasi ini sangat terkait dengan kegiatan mahasiswa nanti selama perkuliahan,” kata dosen Teknik Informatika FMIPA Unsyiah tersebut.

Menurutnya, mahasiswa baru tersebut harus memahami dengan baik proses perkuliahan yang ada di Unsyiah. Pada OSIMPUS juga diajarkan tentang cara agar mahasiswa baru cerdas dan bijak dalam menggunakan internet.

“Tindak kejahatan dan pelanggaran hukum dapat terjadi jika seseorang keliru dalam memanfaatkan internet,” tegasnya.

Disebutkan, apalagi secara hukum telah ada UU ITE Nomor 11 tahun 2008 tentang Transaksi Elektronik yang terdiri atas 54 pasal.

“Maka cerdaslah dalam menggunakan internet, gunakan fasilitas ini untuk membangun masa depan kalian (mahasiswa),” tuturnya.

Taufik menjelaskan, OSIMPUS adalah kegiatan pengenalan teknologi dan sistem informasi yang ada di dalam lingkungan kampus Unsyiah. OSIMPUS merupakan kegiatan wajib bagi mahasiswa baru Unsyiah setiap tahunnya. Setiap mahasiswa yang telah mengikuti kegiatan ini berhak mendapatkan sertifikat. Dalam OSIMPUS mahasiswa dikenalkan beberapa materi penting terkait sistem informasi Unsyiah, seperti internet kampus, Single Sign On (SSO), E- learning, KRS Online, Perwalian Online, SIPL, Uang Kuliah Tunggal Berkeadilan (UKTB), dan lainnya.

“Setelah mengikuti OSIMPUS, mahasiswa baru Unsyiah ini juga mengikuti pengenalan Perpustakaan Unsyiah atau Library Orientation Class and Tour (LOCT) 2017 yang akan dilaksanakan mulai 6 – 10 Juli 2017,” paparnya.

Selain OSIMPUS, mahasiswa baru Unsyiah yang diterima melalui jalur SBMPTN tahun 2017 juga dihimbau untuk melengkapi berkas peninjauan ulang UKTB. Peninjauan kembali UKTB hanya diperuntukkan bagi mahasiswa baru yang merasa melakukan kekeliruan dalam pengisian UKTB. Sedangkan bagi mahasiswa baru yang sudah sesuai mengisi UKTB-nya tidak perlu lagi melampirkan berkas yang diminta tersebut. Berkas peninjauan kembali UKTB tersebut nantinya harus diserahkan kepada Bagian Keuangan Kantor Pusat Administrasi Unsyiah mulai 17 – 28 Juli 2017. Informasi selengkapnya dapat diunduh pada bagian pengumuman di situs www.unsyiah.ac.id.

 

Penulis : Ibnu Syahri Ramadhan

Editor  : Reza Fahlevi

Leave A Reply