SBMPTN

Unsyiah dan Unaya Jalin Kerja Sama

0

Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) dan Universitas Abulyatama (Unaya) Kabupaten Aceh Besar menjalin kerja sama terkait peningkatan sumber daya manusia (SDM) serta pembinaan hubungan kelembagaan. Perjanjian kerja sama ini tertuang dalam nota kesepahaman (MoU) ditandatangani oleh Rektor Unsyiah Prof Dr Ir Samsul Rizal MEng dan Rektor Unaya R Agung Efriyo Hadi PhD di ruang mini Rektor Unsyiah, Darussalam, Banda Aceh, Rabu (14/6/2017).

Rektor Unsyiah mengatakan, kerja sama kali ini menitikberatkan pada perjanjian antara Fakultas Kedokteran (FK) dan Fakultas Kedokteran Gigi (FKG) Unsyiah dengan FK Unaya. Unsyiah sangat terbuka dalam menjalin kerja sama dengan pihak manapun. Apalagi kerja sama dengan perguruan tinggi yang ada di Aceh. Rektor Unsyiah pun siap menawarkan SDM yang dimiliki Unsyiah untuk membantu Unaya dalam meningkatkan kualitas kelembagaannya.

“Sebab kita punya tanggung jawab yang sama dalam mendidik anak bangsa, khususnya anak Aceh,” ungkap Rektor Unsyiah.

Disebutkan, saat ini banyak perguruan tinggi dari luar Aceh yang belajar akreditasi kepada Unsyiah setelah Unsyiah berhasil meraih akreditasi A. Beberapa perguruan tnggi tersebut pun akhirnya berhasil meraih akreditasi A.

“Kalau kampus luar saja mau belajar sama Unsyiah, kenapa kampus di Aceh tidak mau belajar? Padahal Unsyiah sangat terbuka, kita juga tidak memungut bayaran apapun,” paparnya.

Sementara itu, Rektor Unaya sangat mengapresiasi atas perhatian Unsyiah terkait pembinaan hubungan kelembagaan dengan Unaya. Ia mengakui,  bahwa Unsyiah merupakan perguruan tinggi di Aceh yang telah teruji kualitasnya. Ia berharap kerja sama ini bisa menghasilkan kesepakatan yang saling menguntungkan antara kedua belah pihak.

“Unsyiah saat ini  telah menjadi barometer perguruan tinggi di Aceh. Jadi sangat wajar kalau Unsyiah mewarnai dunia pendidikan khususnya perguruan tinggi di Aceh,” pungkasnya.

Hadir dalam perjanjian kerja sama ini, Wakil Rektor IV Unsyiah Dr Nazamuddin MA, Dekan FK Unsyiah Dr dr Maimun Syukri Sp PD KGH-FINASIM, Dekan FKG Unsyiah Drg Zaki Mubarak MS, dan Dekan FK Unaya dr Feriyani SpM.

 

Penulis : Ibnu Syahri Ramadhan

Editor  : Reza Fahlevi

 

Leave A Reply