SBMPTN

35 Prodi Ikut Workshop Penyusunan Borang Online

0

Sebanyak 35 perwakilan program studi (Prodi) di Unsyiah mengikuti Workshop Penyusunan Borang Secara Online melalui Sistem Akreditasi Perguruan Tinggi Online (SAPTO). Kegiatan yang dilaksanakan Lembaga Pengembangan Pendidikan dan Penjaminan Mutu Universitas Syiah Kuala (LP3M Unsyiah) ini berlangsung di ruang Balai Senat Unsyiah, Kamis (18/5).

Wakil Rektor I, Dr Hizir berharap setiap prodi di Unsyiah mampu memahami sistem SAPTO dan proses pengajuan akreditasi. Apalagi sebanyak 35 perwakilan prodi yang ikut workshop ini belum berakreditasi A.

“Karena kita berharap semua prodi dapat berakreditasi A, mengingat sekarang akreditasi Unsyiah adalah A,” papar Dr Hizir.

Pada kesempatan yang sama Ketua LP3M Unsyiah, Dr Marwan mengatakan, sejauh ini beberapa prodi yang masih berakreditasi C sudah mengajukan proses akreditasi, dan sisanya akan diselesaikan secepatnya dalam tahun ini. Prodi yang akan habis masa berlaku akreditasinya pada tahun 2018 juga bisa segera mengajukan re-akreditasinya.

“Untuk proses pengajuan akreditasi tahun 2017, instrumen akreditasi masih mengikuti instrumen biasanya. Namun jika pengajuan dilakukan pada tahun 2018, maka instrumen akreditasi bisa berubah sesuai keputusan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT),” jelasnya.

Disebutkan, SAPTO merupakan sistem yang dikembangkan oleh BAN-PT untuk meningkatkan efisiensi dan kualitas proses akreditasi perguruan tinggi. Berdasarkan sistem SAPTO, PT berperan sebagai entitas yang mengajukan usulan akreditasi, baik itu akreditasi universitas maupun prodi.

“Dengan kata lain, sekarang ini pengajuan akreditasi prodi tidak lagi dilakukan dengan mengirimkan dokumen borang ke BAN-PT, tapi sekarang sudah dipermudah dengan mengunggah dokumen secara online,” sebutnya.

Dalam sistem SAPTO, lanjut Dr Marwan, setiap PT diberikan satu akun dengan menggunakan Kode Perguruan Tinggi yang terdaftar pada PD-Dikti. Akun tersebut digunakan untuk mengajukan akreditasi yang berada di lingkungan PT tersebut. Saat ini akun SAPTO Unsyiah dipegang oleh LP3M.

“Jadi proses pengunggahan dokumen dilakukan melalui LP3M Unsyiah dan pengajuan akreditasi ini tidak ada perbedaan instrumen akreditasi,” pungkasnya.

Pada kegiatan tersebut LP3M Unsyiah menghadirkan dua pemateri yang merupakan asesor BAN-PT, yaitu Dr Marwan dan Dr Rinidar Mkes.

 

Penulis : Keumala Hayati dan Ibnu Syahri Ramadhan

Editor  : Reza Fahlevi

Leave A Reply