SBMPTN

Dagdusi Dancer Tingkatkan Kepercayaan Diri Siswa

0

Mahasiswa Unsyiah melaksanakan  Program Kreatifitas Mahasiswa (PKM) dengan judul “Media ‘Dagdusi Dancer’ (Dadu Gambar Dua Dimensi dan Cermin) untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri Siswa di SMAN 1 Unggul Darul Imarah Aceh Besar”, Senin (22/05) sekaligus menutup kegiatan tersebut.

Kegiatan PKM ini merupakan kolaborasi mahasiswa Bimbingan Konseling dan Psikologi Unsyiah. Secara berturut-turut yaitu, Rizka Masfurah, Warhamni Rahimi, Angga Nugraha, Tyo Fernanda, dan Yuni Kamisa serta dibimbing oleh Ibu Fajriani S.Pd, M.Ed yang merupakan dosen Bimbingan Konseling, FKIP, Unsyiah.

Media Dagdusi Dancer merupakan media yang dirancang dan dibuat guna untuk membantu siswa yang tidak percaya diri menjadi siswa yang percaya diri. Media ini dapat berguna untuk  melihat bagaimana persepsi siswa terhadap dirinya sendiri dan untuk meningkatkan kepercayaan diri. Media ini juga dilengkapi dengan buku petunjuk.

Kegiatan ini berawal dari pembagian angket pretest pada 30 Maret 2017 untuk mengetahui mana siswa yang tidak percaya diri. Kemudian pada 16 April 2017, pembuatan media sesuai dengan kebutuhan siswa. Dilanjutkan dengan latihan dengan menggunakan media Dagdusi Dancer untuk meningkatkan kepercayaan diri siswa.

Adapun latihan dengan menggunakan Dagdusi Dancer telah dilakukan oleh TIM PKM Unsyiah sebanyak 10 kali pertemuan, mulai dari tanggal 27 April – 22 Mei 2017. Di hari terakhir kegiatan turut serta diserahkan sertifikat dan hadiah untuk siswa yang telah mengikuti pelatihan ini. Siswa sangat senang dengan adanya pelatihan ini, karena dengan bantuan media ini telah membantu kami menjadi lebih percaya diri.

“Semoga Dagdusi Dancer dapat diterapkan oleh sekolah-sekolah lain, sehingga semakin banyak siswa yang percaya diri dengan adanya bantuan dari media ini,” sebut Hayatul Mutmainnah salah satu peserta pelatihan.

Tim PKM pada 24 Mei 2017 telah menyerahkan media Dagdusi Dancer ke SMPN 1 Banda Aceh dan SMPN 4 Banda Aceh dengan tujuan agar guru BK disekolah dapat menggunakan media tersebut ketika mendapat siswa atau konseli yang tidak percaya diri.

“Dengan menggunakan media ini siswa yang awalnya tidak percaya diri akan meningkatkan kepercayaan dirinya. Jika ia latihan dengan serius dan benar-benar ada kemauan dari dalam dirinya untuk lebih percaya diri,” kata Rizka selaku Ketua Tim PKM.

 

Editor : Muarrief Rahmat

Leave A Reply