SBMPTN

Perpustakaan Siapkan Manajemen Keamanan Teknologi Informasi Berstandar Internasional

0


Perpustakaan Unsyiah telah melakukan Pelatihan ISO 27001 Information Security Management yang pada tanggal 18 -19 Mei 2017 di gedung Perpustakaan Unsyiah, dibuka oleh Wakil Rektor I Unsyiah, Dr. Hizir dan diikuti oleh 25 orang staf Perpustakaan.  Pemateri pelatihan  adalah ibu Meis Musida, konsultan IT manajemen dari TUV Rheinland. ISO adalah badan internasional yang telah banyak menciptakan berbagai standar manajemen,  proses, serta produk dan layanan. Perpustakaan Unsyiah mentargetkan dapat lulus sertifikasi ISO 27001 tahun depan setelah tahun 2015 lalu berhasil lulus sertifikasi ISO 9001 Sistem Manajemen Mutu. Dr. Hizir atas nama Unsyiah mendukung rencana sertifikasi ini sebagai upaya memperbaiki mutu Unsyiah secara berterusan. Secara khusus beliau mengharapkan inisiasi yang dimulai dari Perpustakaan ini dapat menginspirasi unit yang lain di Unsyiah.

Ibu Meis Musida dalam materinya mengungkapkan karena Perpustakaan Unsyiah sudah berhasil mengimplementasikan Manajemen Mutu (ISO 9001) dengan sangat baik, selanjutnya perlu difokuskan pada menjaga asset dan pelayanan unggulan dapat terselenggara secara optimal untuk menghasilkan return value non-financial dan financial bagi unsyiah. Disinilah peran dari ISO 27001 supaya Perpustakaan dapat menjamin keamanan dari asset dan pelayanan tersebut yang hampir semua berbasis Teknologi Informasi.

Dr. Taufiq Abdul Gani, kepala Perpustakaan Unsyiah mengatakan dengan ISO 27001 ini Perpustakaan akan menjaga keamanan dari asset dan pelayanan unggulan seperti skripsi dan thesis online, opac, pelayanan mandiri dengan rfid, unsyiana, LSS dan lainnya. Untuk itu Perpustakaan Unsyiah akan mengikuti Sertifikasi ISO 27001 untuk menjamin asset dan layanan tersebut dapat memberikan return value, non financial dan juga financial sehingga mendukung rencana Unsyiah untuk menjadi Universitas yang otonom baik sebagfai BLU atau BHP.

Leave A Reply