SBMPTN

Siswa Tapsel Sumut Kunjungi Unsyiah

0

Sebanyak 87 siswa didampingi 8 guru SMA Negeri 2 Plus Sipirok, Tapanuli Selatan (Tapsel), Sumatera Utara mengunjungi Universitas Syiah Kuala (Unsyiah). Kunjungan ini diterima langsung oleh Kepala Hubungan Masyarakat Unsyiah, Husni Friady MM dan Kepala Bagian Pendidikan Unsyiah, Mursal SE di ruang VIP Gedung AAC Dayan Dawood, Darussalam, Banda Aceh, Kamis siang (30/3).

Dalam sambutannya, Kepala Sekolah SMAN 2 Sipirok, Khairul Faiza Nasution SPd MSi mengatakan, kunjungan ini bertujuan untuk menggali peluang penerimaan mahasiswa baru sekaligus untuk bersilaturahmi dengan Unsyiah. Menurutnya, ketertarikan siswa SMAN 2 Sipirok terhadap Unsyiah terbilang tinggi setiap tahunnya. Ini dibuktikan ada 14 alumni SMAN 2 Sipirok yang sedang menempuh studi di Unsyiah.

“Ada beberapa pilihan universitas yang ingin kami kunjungi, tapi umumnya lebih cenderung ingin ke Unsyiah. Ini bukti jika Unsyiah menjadi tujuan studi siswa-siswa Sipirok,” ujarnya.

Khairul berharap di tahun 2018 Unsyiah dapat menampung alumni dari SMAN 2 Sipirok dengan jumlah yang lebih banyak. Bahkan, ia meminta Unsyiah untuk menerima siswanya melalui jalur khusus yang pernah dilakukan beberapa universitas lainnya di Indonesia.

“Jika Unsyiah memiliki jalur khusus untuk penerimaan mahasiswa baru, kami akan memenuhi syarat tersebut dan akan mengirimkan siswa terbaik ke Unsyiah,” jelasnya.

Menanggapi permintaan tersebut, Kepala Bagian Pendidikan Unsyiah memaparkan, Unsyiah hanya menerima mahasiswa baru melalui tiga jalur masuk, yaitu Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi (SBMPTN), dan Ujian Masuk Bersama (UMB). Masing-masing jalur tersebut memiliki persentase tersendiri dalam penerimaan mahasiswa baru.

“Pendaftaran online SBMPTN akan dibuka sejak 11 April – 5 Mei 2017. Sedangkan untuk jalur SNMPTN sudah memasuki tahap seleksi berkas peserta,” sebutnya.

Dalam kesempatan sama, Kepala Humas Unsyiah menjelaskan beberapa keunggulan, fasilitas, dan jumlah program studi yang ada di Unsyiah sembari menyaksikan video profil Unsyiah.

 

Leave A Reply