SBMPTN

PSA Unsyiah dan PTRI ASEAN Gelar Seminar 50 Tahun ASEAN

0

Pusat Studi ASEAN (PSA) Universitas Syiah Kuala berkerjasama dengan Perutusan Tetap Republik Indonesia untuk ASEAN (PTRI ASEAN) melaksanakan Seminar 50 tahun ASEAN. Seminar dengan tema 1 Tahun Implementasi Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) ini berlangsung di ruang Auditorium FKIP Unsyiah. (Jumat, 17/2).

Rektor Unsyiah Prof.Dr.Ir. Samsul Rizal mengatakan, bahwa perayaan 50 tahun ASEAN adalah moment yang penting bagi Indonesia sebagai bagian dari masyarakat Asia Tenggara. Karena Indonesia telah berkomitmen untuk bekerjasama dengan negara-negara Asia Tenggara lainnya, dalam tiga pilar utama yaitu pilar ekonomi, keamanan dan sosial/budaya.

“Maka Indonesia sebagai masyarakat dengan ekonomi terbesar di ASEAN harus bisa menjadi unjung tombak di Asia Tenggara,” ujar Rektor.

Sementara itu Rahmat Purnomo Duta Besar Indonesia untuk ASEAN mengatakan usia 50 tahun ASEAN adalah usia emas. Selama itu, Indonesia telah menunjukkan komitmennya dalam aktivitas ekonomi, keamanan ataupun sosial budaya di Asia Tenggara. Oleh karena itu, menurutnya, kegiatan ini secara khusus bertujuan untuk mencari informasi serta masukan dari berbagai kepentingan yang terkait di daerah.

“Tujuannya adalah untuk merumuskan dan menyusun program kerja sama di posisi nasional, atau kebijakkan lain dalam setiap forum ASEAN,” ujar Rahmat.

Maka Rahmat berharap, seminar ini bisa membuka mata masyarakat untuk lebih memahami peran Indonesia dalam ASEAN, serta implementasi Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) yang telah berjalan selama setahun. Hadir dalam seminar ini Staf Ahli Diplomasi Ekonomi, Sekretaris Jendaral Kerja Sama ASEAN, Asisten Kemenkeu dan Ekonomi, Wakil Rektor IV serta Dekan Unsyiah.

 

Editor: Ibnu Syahri Ramadhan

Leave A Reply