SBMPTN

Unsyiah dan UMSU Jalin Kerja Sama

0

Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) dan Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) Medan menjalin kerja sama dalam rangka peningkatan mutu pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. Kerja sama itu tertuang dalam nota kesepahaman (MoU) yang ditandatangani Rektor Unsyiah, Prof Dr Ir Samsul Rizal MEng dengan Rektor UMSU, Dr Agussani MAP di ruang kerja Rektor Unsyiah, Darussalam, Banda Aceh, Selasa (7/2).

Dalam amanatnya Prof Samsul menyebutkan, Unsyiah ingin berbagi pengalaman kepada UMSU tentang perolehan akreditasi A. Unsyiah sangat terbuka untuk jalinan kerja sama dengan berbagai perguruan tinggi di Indonesia.

“Apalagi secara geografis Aceh dan Sumatera Utara bertetangga. Jadi, sudah sepantasnya saling membantu,” ujarnya.

Prof Samsul mengungkapkan, kini Unsyiah menjadi pembicaran kampus-kampus luar karena dapat meraih akreditasi A dari akreditasi C. Maka wajar jika semakin banyak kampus yang ingin belajar kepada Unsyiah.

“Kita tidak ingin berkompetisi, tapi mari kita sama-sama menciptakan kompetensi untuk peningkatan mutu pendidikan tinggi,” tuturnya.

Sementara itu, Rektor UMSU mengaku, UMSU ingin mempelajari prestasi yang sudah dicapai Unsyiah selama ini, seperti dari akreditasi C menjadi A.

“Hal ini menjadi motivasi bagi UMSU untuk menggali pengalaman. Sebagai Perguruan Tinggi Swasta, UMSU tertarik untuk dapat saling berbagi informasi dan pertukaran mahasiswa hingga dosen,” sebutnya.

Ia menjelaskan, saat pendirian Fakultas Kedokteran UMSU, Unsyiah turut menjadi salah satu kampus rujukan. Ketika itu UMSU menghadirkan dosen-dosen terbaik yang dimiliki Unsyiah untuk mengajar di kampusnya. Salah satu asesor Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) juga menyarankan, sudah selayaknya UMSU meniru Unsyiah yang berhasil meraih A.

“UMSU ingin supaya Unsyiah dapat bersinergi dan menjadi partner UMSU, baik dalam segi motivasi maupun hal teknis,” jelasnya.

Hadir dalam kesempatan itu, para Wakil Rektor, Wakil Dekan, dan Direktur Pascasarjana  dari kedua universitas.

 

Penulis : Muarrief Rahmat

Editor  : Reza Fahlevi

Leave A Reply