Wajah-Wajah Berprestasi di Unsyiah

0

Sarah Nabila Yasmin

sarah-nabila-yasminSelain berparas cantik, Sarah yang sedang menempuh pendidikan semester VII di jurusan International Accounting Program (IAP), Fakultas Ekonomi dan Bisnis, juga merupakan mahasiswi jenius. Gadis kelahiran 10 September 1995 ini, meraih penghargaan sebagai Mahasiswa Berprestasi I tingkat sarjana di Universitas Syiah Kuala tahun 2016. Banyak forum internasional yang telah ia ikuti, seperti United Nations Alliance of Civilizations (UNAOC) dan Indonesia Malaysia Youth Forum (IMYF) pada tahun 2014.

Selain itu, Sarah juga terpilih sebagai XL Future Leaders Batch 4 Awardee serta penerima Djarum Beasiswa Plus (Beswan Djarum) sejak tahun 2015. Wajar saja jika gadis jelita berkacamata ini bercita-cita menjadi seorang Chief Financial Officer (CFO) sebuah perusahaan. Selain unggul di bidang akademik, Sarah juga lihai bermain gitar. Ia berpesan agar para mahasiswa tidak hanya mengejar nilai akademik, tetapi juga melibatkan diri secara aktif di berbagai program atau lomba. Sebab menurutnya, kuliah bukan sekedar belajar di kelas, tetapi juga tempat mahasiswa mengembangkan bakat dan keahliannya.

 

 

Muhammad Iqhramullah

iqhramMuhammad Iqhramullah lahir pada 29 Oktober 1993. Ia tercatat sebagai mahasiswa program studi Kimia, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA), Universitas Syiah Kuala (Unsyiah). Anak kandung dari pasangan almarhum Abdul Hamid dan Yenida ini, dinobatkan sebagai Mahasiswa Berprestasi Unsyiah II jenjang sarjana pada tahun 2016. Prestasi tersebut tidak mengherankan jika melihat sepak-terjang yang telah dilakukan Iqhram. Sebelum itu, Iqhram bersama teman-temannya berhasil meraih juara I tingkat nasional pada event bergengsi OSN PTN Pertamina pada tahun 2014. Di tahun yang sama, ia juga lolos sebagai peserta AYVP dan mendapatkan dana hibah sebanyak USD 2.000 atas partisipasinya.

Di tahun 2015, Iqhram juga mewakili Unsyiah pada lomba debat Bahasa Inggris tingkat nasional. Selanjutnya, pada Oktober 2016, Iqhram kembali menaklukkan Bali pada ajang World Culture Forum sebagai fasilitator.

 

Ali Akbar Rafsanjani

ali-akbar-rafsanjaniMahasiswa jurusan Ilmu Kelautan, Fakultas Kelautan dan Perikanan (FKP) ini terpilih sebagai mahasiswa berprestasi Unsyiah peringkat III untuk tingkat sarjana pada tahun 2016. Prestasi Ali sudah terlihat saat masih menempuh pendidikan di MAN Model, Banda Aceh. Saat itu, ia berhasil meraih medali perunggu pada Olimpiade Biologi Kompetisi Sains Madrasah (KSM) Nasional. Prestasi ini menghantarkan Ali meraih beasiswa prestasi dari dinas pendidikan Aceh yang menanggung biaya pendidikannya hingga bangku perkuliahan.

Ali lahir pada 23 April 1996. Di usia yang masih muda, ia sudah melakukan banyak penelitian sederhana dengan teman-teman kuliahnya. Ia beranggapan bahwa hidup itu tidaklah mudah, maka butuh dukungan dari teman-teman.

“Sukses itu tidak bisa sendiri. Ia harus dikejar secara bersama,” pungkasnya.

 

Muhammad Firdaus

muhammad-firdausFirdaus merupakan mahasiswa berprestasi peringkat I untuk jenjang Diploma III (D3). Mahasiswa jurusan Manajemen Pemasaran Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) ini, cukup berbakat di bidang desain website. Ia pernah terlibat dalam Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) dengan menawarkan produk Islamic Tourism. Terkadang ia juga diminta oleh para dosen dan pejabat Unsyiah untuk merancang sebuah sistem informasi online.  Firdaus yang lahir pada 27 mei 1995 sangat hobi dengan programming. Maka tak salah jika cita-citanya ke depan ingin menjadi seorang internet marketer. Saat ini, Firdaus sedang disibukkan dengan tugas akhirnya.

 

 

 

 

Rizky Sucipto

1477567860542Mahasiswa berprestasi berikutnya adalah Rizky Sucipto. Mahasiswa program studi Teknik Sipil, Fakultas Teknik ini berhasil meraih juara sebagai Mahasiswa Berprestasi II Unsyiah tingkat diploma tahun 2016. Perjuangan pemuda Bandung ke Aceh ini memang tidak sia-sia.

Pada tahun ini, Rizky juga terdaftar sebagai peserta Asia Pacific High-Level Meeting on Child Rights (HLM3) Youth Innovation Challenge di Kuala Lumpur, Malaysia. Selain disibukkan dengan dunia akademik, ia juga aktif dalam kegiatan ekstrakurikuler pada Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Bakti Sosial Pembangunan Desa (BSPD), UKM Cendikia, dan UKM Muay Thai. Tak hanya itu, Rizky juga terlibat aktif di Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Unsyiah.

 

 

 

 

 

Rauzatul Jannah

razatul-jannahMahasiswi Manajemen Agribisnis, Fakultas Pertanian ini berhasil meraih juara III Mahasiswa Berprestasi tingkat diploma III, Unsyiah tahun 2016. Sebelum itu, ia berhasil meraih juara I Mahasiswa Berprestasi tingkat Fakultas Pertanian di tahun yang sama. Mahasiswi kelahiran Bireuen, 20 Agustus 1996 ini, aktif mengikuti berbagai kegiatan dan workshop untuk menunjang kegiatan akademik dan non akademik. (rz)

 

Leave A Reply