Wajah Baru di Fakultas Kedokteran

0

Ruang VIP di gedung AAC Dayan Dawood tampak ramai Jumat siang itu. Seorang petugas keamanan mantap berdiri di samping kanan rektor. Ia memegang Surat Keputusan (SK) pelantikan pejabat. Surat itulah yang dibacakan Rektor Unsyiah, Prof.Dr.Ir.Samsul Rizal, M.Eng, untuk melantik dr. Maryatun, M. Kes., Sp.PD sebagai Wakil Dekan I Bidang Akademik Fakultas Kedokteran (FK) Unsyiah.

Rektor Unsyiah berharap kepada Wakil Dekan baru ini dapat membawa perubahan nyata bagi Unsyiah. Sebab menurutnya, membangun universitas tidak dilihat dari latar belakang ia berasal atau perbedaan suku. Tetapi, membangun universitas harus dilihat dari apa yang dilakukan dan diperbuat.

Sebelum itu, beberapa bulan yang lalu, Rektor Unsyiah juga telah melantik dua Wakil Dekan Fakultas Kedokteran. Mereka yang dilantik adalah dr. Safrizal Rahman, M.Kes.,SpOT sebagai Wakil Dekan II Bidang Umum dan Keuangan, serta Dra. Hanifah Yusuf, M.Kes.,Apt sebagai Wakil Dekan III Bidang Kemahasiswan dan Alumni FK Unsyiah. Sedangkan posisi jabatan Wakil Dekan IV yang dulunya dijabat oleh Dr. Mudatsir, M.Kes kini sudah dileburkan berdasarkan Organisasi dan Tata Kerja (OTK) yang baru.

img_8087

“Struktur jabatan Wakil Dekan IV yang menangani bidang kerjasama sudah tidak ada lagi, karena telah dilebur dalam jabatan Wakil Dekan I, II dan III. Langkah ini ditempuh Unsyiah sebagai wujud efisiensi birokrasi,” ucap Rektor.

Saat ini, Fakultas Kedokteran telah meraih akreditasi A untuk dua program studinya, yaitu Pendidikan Dokter dan Profesi Dokter. Prestasi menggembirakan ini menjadi tantangan bagi pejabat baru untuk mempertahankannya. Selain itu, masih ada program studi yang belum meraih akreditasi A, seperti Program Pendidikan Dokter Spesialis (PPDS) yang saat ini terdapat enam 6 PPDS di Unsyiah.

Ketiga pejabat baru di FK ini merupakan orang yang mampu di bidangnya. Mereka telah melalui berbagai pengalaman sehingga benar-benar layak ketika dipilih sebagai wakil dekan. Sebut saja dr. Maryatun, M.Kes., Sp.PD sebagai Wakil Dekan I. Awalnya, beliau merupakan staf pengajar FK Unsyiah yang diangkat sebagai PNS sejak tahun 1999. Beliau menyelesaikan Pendidikan Dokter di Unsyiah tahun 2000. Kemudian melanjutkan pendidikan Magister Kedokteran Tropis di Universitas Gajah Mada, Yogyakarta dan menyelesaikan program tersebut di tahun 2004. Kemudian, ia melanjutkan pendidikan Spesialis Ilmu Penyakit Dalam di Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia dan menyelesaikannya di tahun 2015.

Saat ini, Maryatun tercatat sebagai staf pengajar pada Bagian Parasitologi Fakultas Kedokteran Unsyiah. Pada tahun 2007-2009, ia menjabat sebagai Koordinator Pendidikan pada Bagian Parasitologi Fakultas Kedokteran Universitas Syiah Kuala.

Berbeda dengan Maryatun, dr. Safrizal Rahman, M.Kes., Sp.OT yang lebih dulu dilantik sebagai Wakil Dekan II merupakan pria kelahiran Kutacane, 9 April 1971. Saat ini menjabat sebagai staf medis Ilmu Bedah di Rumah Sakit Umum dr. Zainoel Abidin. Ia merupakan lulusan sarjana kedokteran Unsyiah pada tahun 1995. Telah menyelesaikan Magister Kesehatan (M.Kes) di Departemen Pendidikan Nasional Universitas Airlangga Surabaya pada tanggal 3 Juli 2007. Lulus Ilmu Bedah Orthopaedi dan Traumatologi di Universitas Airlangga Fakultas Kedokteran Surabaya pada tanggal 24 Juli 2008. Kini, sedang melanjutkan Pendidikan Doktor (S3) di Pasca Sarjana Universitas Padjajaran. Ia menjadi dosen tetap Unsyiah sejak tahun 2000 hingga sekarang.

Bersamaan dilantik dengan Safrizal, Dra. Hanifah Yusuf, M.Kes, Apt juga merupakan staf pengajar pada Bagian Farmakologi FK Unsyiah. Selain mengajar di FK, ia juga mengajar di prodi Farmasi FMIPA di Fakultas Keperawatan Unsyiah. Wanita kelahiran Banda Aceh pada tanggal 11 September 1957 ini, menempuh pendidikan sarjana di Jurusan Farmasi FMIPA USU tahun 1984. Kemudian melanjutkan pendidikan profesi Apoteker di tahun 1985. Sementara itu, pada tahun 2001 menyelesaikan pendidikan S2 jurusan biomedis, bidang kajian farmakologi. Hal yang sangat menggembirakan baginya, pada tanggal 10 Januari 2014, ia telah menyelesaikan program doktor ilmu kedokteran dan kesehatan di Fakultas Kedokteran, Universitas Gadjah Mada. (mr)

Leave A Reply